POTENSI PARIWISATA

Bicara Ponorogo maka bicara Reyog Ponorogo, yang mana produk budaya ni sudah dikenal luas secara Nasional bahkan Internasional. Karena Reyog Ponorogo menjadikan Ponorogo memiliki trade mark tersendiri sebagai daerah tujuan wisata andalan bagi Provinsi Jawa Timur. Yang dimana kesenian tradisional Reyog Ponorogo adalah jenis kesenian yang khas dan asli dari pengolahan, pemikiran masyarakat Ponorogo pada jaman dahulu.

Disamping itu kesenian ini merupakan salah satu yang ada di dunia dan benar-benar lain dari yang lain. Reyog Ponorogo bahkan telah dipelajari dan sering dipentaskan diberbagai negara (mancanegara) seperti yang dilakukan oleh masyarakat Suriname, dan dipentaskan di Amerika pada tahun 1996, serta ditampilkan pada hari perdamaian dunia di Hawai (Amerika).

Perayaan Grebeg Suro

Acara Grebeg Suro dan Festival Reyog Nasional ini bertepatan dengan peringatan tahun baru jawa (1 Syuro) dan tahun baru Islam (1 Muharam). Acara ini digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo sebagai upaya untuk melestarikan dan lebih memberdayakan kesenian asli Ponorogo. Dalam kemasan acara Grebeg Suro ini tertampung berbagai kegiatan seperti : Festival Reyog Nasional, Kirab Pusaka dari Kota Lama ke Kota Tengah, Pemilihan Duta Wisata Kakang Senduk Ponorogo, yang bertujuan menggali bakat dan minat generasi muda dan melestarikan kebudayaan asli daerah Ponorogo.

Telaga Ngebel

Telaga Ngebel adalah tempat yang benar-benar alami dan cantik yang dimiliki Ponorogo, maka tidak heran jika Telaga Ngebel memang menjadi ikon wisata alam di Ponorogo dan sekitarnya.

Adapun letaknya di lereng Gunung Wilis sekitar 24 km arah timur laut kota Ponorogo, di Kecamatan Ngebel.

Dengan luas 5 km2, ketinggian 734m Dpl. Telaga ini memiliki panorama alam yang indah dengan hawa yang sejuk, sangat cocok sebagai tempat tujuan peristirahatan dan rekreasi keluarga.